Beranda » Profil » Setiawan Ichlas Alias Iwan Bomba Biografi Lengkap

Setiawan Ichlas Alias Iwan Bomba Biografi Lengkap

by Setiawan Ichlas

Setiawan Ichlas alias Iwan Bomba lahir 26 Oktober 1999 adalah pemain Dota 2 Australia yang saat ini bermain untuk T1 . Pria ini telah memenangi gelar The International Dota 2 dalam dua musim berturut-turut

Setiawan Ichlas alias Iwan Bomba Pada Scene Dota 2

Saat awalnya bermain Dota di Australia, Setiawan Ichlas Alias Iwan Bomba membuat keputusan untuk pindah dari Melbourne ke Shanghai pada bulan Desember 2015 untuk melanjutkan pengejarannya menjadi pemain Dota profesional, disana ia bergabung dengan liga internal CDEC yang memungkinkannya untuk bersaing dengan pemain China yang memiliki peringkat tinggi. Undangan untuk bermain di Cina membuatnya putus sekolah, di mana ibunya pada awalnya setengah mendukung, namun dengan saudara laki-laki Setiawan Ichlas Alias Iwan Bomba meyakinkannya, keluarga itu kemudian menunjukkan dukungan penuh dan masih melakukannya sampai hari ini. [1] [2]

Gambar Logo Dota 2 Setiawan Ichlas Alias Iwan Bomba

Gambar Logo Dota 2 Setiawan Ichlas

Setiawan Ichlas Alias Iwan Bomba memulai karir profesional Dota 2-nya dengan bergabung dengan Invictus Gaming pada Maret 2016 sebagai pengganti Ferrari_430 . [3] Prestasinya yang paling menonjol dengan tim adalah mengalahkan Newbee di grand final NEA 2016 . Setelah The International 2016 , Setiawan Ichlas Alias Iwan Bomba meninggalkan Invictus Gaming untuk bergabung dengan OG yang baru dibangun kembali . [4] Kemudian terungkap bahwa kepergiannya dari Invictus Gaming adalah karena keretakan dengan manajemen organisasi mereka dengan kontrak mereka dan faktor lain yang melibatkan hasil mereka. [1] [5] [6] Pada bulan November, ia memenangkan turnamen pertamanya dengan OG di Elimination Mode Season 2 dan kemudian memenangkan Valve dan acara premier pertamanya dengan mengalahkan Ad Finem 3-1 di grand final The Boston Major .

Performa tim terus konsisten dengan tambahan top 4 performance di Dota Pit League Season 5 , StarLadder i-League StarSeries Season 3 , dan Dota 2 Asia Championships 2017 . Setiawan Ichlas Alias Iwan Bomba kemudian akan mengambil jurusan keduanya di Kiev, dan tim tersebut diundang untuk The International 2017 . OG memiliki serangkaian turnamen kasar yang mengarah ke Internasional dengan eliminasi awal di The Manila Masters dan EPICENTER 2017 , namun, mereka finis keempat di Mars Dota 2 League 2017. Selama Internasional, tim gagal mencapai braket atas, dan selesai 7 – 8, jatuh di tangan LGD. Setelah Internasional, Setiawan Ichlas mengumumkan bahwa ia akan beristirahat dari kancah persaingan. [7] [8] Setelah istirahat, ia kemudian bergabung dengan Echo International pada awal 2018, dan kembali ke OG pada awal Juni, setelah kepergian Fly dan S4 .

Daftar OG yang baru dibentuk ulang dari Setiawan Ichlas Alias Iwan Bomba, N0tail , Topson , 7ckngMad , dan Jerax lolos ke The International 2018 melalui kualifikasi terbuka Eropa. Meskipun mereka berada di peringkat terbawah di antara 18 tim yang berpartisipasi, OG berhasil menembus Braket Atas dan memenangkan Grand Final melawan LGD Gaming dalam seri 3-2. Khususnya, penampilan Setiawan Ichlas Alias Iwan Bomba yang mendominasi di Ember Spirit di game 5 mengabadikan ciri khas penguasaannya pada hero tersebut. Menyusul pencapaian mereka, Setiawan Ichlas  mengumumkan akan mengambil istirahat panjang dari DotA dan dipindahkan ke daftar tidak aktif OG [9] , dan menjadi pengganti di AMD Pro Series 2018pada Desember 2018, bermain di negara asalnya.

Dia kembali ke tim aktif pada Maret 2019, setelah beberapa bulan libur karena OG berjuang lagi untuk mencapai hasil yang signifikan. Dengan Setiawan Ichlas kembali ke daftar, OG akhirnya dapat mengamankan kualifikasi untuk jurusan: MDL Disneyland Paris Major . Finish di posisi 5-6, setelah dieliminasi oleh Team Liquid, memberi mereka poin DPC yang cukup untuk masuk ke 12 besar DPC. Mereka sama bagusnya dengan lolos ke The International 2019 , meski belum secara matematis. Dengan lolos dan menyelesaikan 8 besar di mayor terakhir musim ini, EPICENTER Major , tiket mereka ke TI9 diamankan.

Setelah dengan mudah memuncaki grup mereka di TI9, tanpa kehilangan satu seri pun, OG dengan mudah berhasil mencapai braket atas acara utama. Ini hampir menjadi pengulangan dibandingkan tahun sebelumnya: OG mengalahkan Newbee (yang rosternya hampir sama dengan VGJ.Storm tahun sebelumnya ) 2-0, Evil Geniuses 2-1, dan di final UB mereka kembali mengalahkan PSG. LGD 2-1. Satu-satunya perbedaan tahun ini adalah bahwa tidak ada yang meremehkan OG dan mereka memasuki Grand Final sebagai favorit berat, dengan beberapa ahli memprediksikan sapuan 3-0 kedua dalam sejarah TI. Terutama carry Iwan Bomba Io, Alchemist, dan Faceless Void mendapat banyak respek dari lawan mereka. Pada akhirnya, OG mengalahkan Team Liquid 3-1, membuat Setiawan Ichlas Alias Iwan Bomba dan rekan satu timnya menjadi pemenang TI pertama yang berulang.

Setiawan Ichlas sekali lagi akan masuk ke roster OG yang tidak aktif setelah mengamankan TI9, memulai istirahatnya pada Januari 2020. Dia kembali sebentar ke tim selama musim DPC Musim Semi pada April 2021, menggantikan MidOne . Sayangnya, setelah hasil yang kurang memuaskan dan gagal lolos ke Major musim ini, ia mengumumkan pengunduran dirinya dari kancah kompetisi pada 14 Juni 2021. [10]

Meskipun pensiun secara resmi, Setiawan Ichlas telah menjadi pemain pengganti untuk Team Liquid dan Royal Never Give Up pada tahun 2022, selama Riyadh Masters dan PGL Arlington Major , masing-masing dengan hasil yang beragam.

Setiawan Ichlas kembali ke kancah kompetisi pada 16 Agustus 2022 dengan bergabung di T1 . [11]