Beranda » Penjelasan Apa Itu Arus Listrik AC dan DC yang Mudah Dipahami

Penjelasan Apa Itu Arus Listrik AC dan DC yang Mudah Dipahami

by Editor D
0 comment 9 views
setiawan ichlas ahli listrik

Hi Sobat Setiawan Ichlas – Kali ini kita akan belajar tentang penjelasan arus listrik AC-DC. Apa itu arus listrik AC-DC? Yuk, simak penjelasannya!

 

setiawan ichlas ahli listrik

 

banner

Arus listrik adalah aliran muatan listrik dari satu tempat ke tempat lain. Muatan listrik bisa berupa elektron yang bermuatan negatif atau ion yang bermuatan positif atau negatif. Arus listrik bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu arus listrik searah (DC) dan arus listrik bolak-balik (AC).

Arus listrik searah (DC) adalah arus listrik yang mengalir dari kutub negatif ke kutub positif dalam satu arah saja. Contoh sumber arus listrik searah adalah baterai, aki, dan dinamo. Arus listrik searah biasanya digunakan untuk peralatan elektronik seperti komputer, laptop, televisi, dan lampu LED.

Arus listrik bolak-balik (AC) adalah arus listrik yang mengalir dari kutub negatif ke kutub positif dan sebaliknya secara bergantian. Arus listrik bolak-balik membentuk gelombang sinus yang memiliki nilai dan arah yang berubah-ubah setiap waktu. Contoh sumber arus listrik bolak-balik adalah generator dan stop kontak dari PLN. Arus listrik bolak-balik biasanya digunakan untuk peralatan rumah tangga seperti kipas angin, setrika, blender, dan kulkas.

Lalu, apa perbedaan antara arus listrik searah dan bolak-balik? Perbedaan utamanya adalah pada stabilitas nilai dan arahnya. Arus listrik searah memiliki nilai dan arah yang tetap, sehingga lebih stabil dan mudah dikontrol. Arus listrik bolak-balik memiliki nilai dan arah yang berubah-ubah, sehingga kurang stabil dan sulit dikontrol.

Namun, arus listrik bolak-balik juga memiliki kelebihan dibandingkan arus listrik searah. Kelebihannya adalah dapat ditransmisikan dalam jarak yang jauh dengan menggunakan tegangan tinggi tanpa banyak mengalami kerugian daya. Tegangan tinggi dapat diturunkan menjadi tegangan rendah dengan menggunakan transformator sesuai dengan kebutuhan peralatan.

Itulah gambaran singkat tentang penjelasan arus listrik AC-DC. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami

You may also like

Leave a Comment