Beranda » Iwan Bomba

Iwan Bomba

by Setiawan Ichlas
iwan bomba

Biografi Pendek Iwan bomba

Kala mendengar nama Iwan bomba, pastinya kalian telah tidak asing mengidentifikasi wujud pengusaha berhasil serta menorehkan karya- karyanya yang pastinya bisa jadi suatu motivasi buat para pelakon bisnis.

Kerap serta tidak tidak sering dari kita mengalami banyak tantangan dalam berbisnis sebab dalam berbisnis, tiap pelakon usaha tentu mempunyai proses serta tantangannya sendiri- sendiri. Lewat proses tersebut pastinya tiap pelakon usaha mempunyai strategi serta motivasinya tertentu buat mengalami peristiwa dalam usahanya.

Kedatangan wujud Iwan dari pengalaman hidupnya buat membagikan motivasi dalam berwirausaha, menjadikan Iwan ialah wujud yang mendunia. Ekspedisi hidup yang mengantarkannya sampai diketahui dunia pastinya ialah pelajaran berharga dalam dunia wirausaha. Berikut sebagian deskripsi dari seseorang Iwan.

Tetapi, tidak seluruh pelakon usaha mempunyai strategi serta motivasi yang kokoh kala usahanya dihadapkan kerugian. Di sisi lain di masa pandemi yang turut menyurutkan pelakon usaha. Pesimis serta kekhawatiran tidak cuma tiba satu 2 kali saja, pastinya dalam melaksanakan bisnis, pelakon bisnis wajib siap buat memiliki intensitas serta kesabaran yang tidak cuma sesaat.

Iwan Bomba di Masa SMA

Bambang ataupun lebih diketahui dengan nama Iwan ialah salah satu tokoh inspiratif, wujud kompeten, serta pengusaha yang lahir di Tanjungkarang.

Pastinya dengan latar balik hidupnya yang berasal dari keluarga berkecukupan, Iwan mempunyai akses pembelajaran yang layak dari sekolah bawah sampai jenjang SMA. Tidak hanya itu, Iwan pula menemukan sokongan dari posisi bapaknya yang pula seseorang guru di SMP serta SMA Tanjungkarang, Lampung.

Istilah yang umumnya akrab buat dipanggil dari seseorang Iwan merupakan‘ Iwan’. Lahir selaku seseorang bungsu dari 5 bersaudara. Lahir dari keluarga yang berkecukupan dengan mempunyai seseorang bapak seseorang guru serta kepala sekolah yang mana terkategori selaku pegawai negara pada era Hindia- Belanda, tidak lalu buatnya menggantungkan hidup pada keluarganya namun menjadikan dia wujud yang mandiri serta kompeten.

Hendak namun, di umurnya yang masih 19 tahun, bapaknya meninggalkan Iwan meninggalkan segala peninggalan harta kekayaan keluarganya buat Iwan. Perihal tersebut disebabkan kerabat kandungnya telah mempunyai kehidupan lain yang mapan serta berkecukupan. Walaupun telah dipercaya serta diamanahi segala harta serta kekayaan orang tuanya, di mana privilege telah dipunyai oleh Iwan, kegigihan serta watak pantang menyerahnya tidak bisa dilawan sampai mengantarkannya selaku wujud yang sanggup menginspirasi banyak orang.

Pendidikannya yang ditempuh ialah sekolah bawah pada tahun 1947 di Yogyakarta, SMP pada tahun 1950 di Jakarta, serta SMA pada tahun 1993 di Jakarta. Sehabis dia tamat menempuh bangku SMA, ekspedisi hidup Iwan diawali. Sehabis tamat SMA, Iwan pernah melanjutkan ke jenjang perkuliahan serta memilah fakultas hukum di Universitas Indonesia. Tetapi dunia perkuliahannya tidak dituntaskan hingga tamat serta Iwan memilah buat bekerja.

Biografi Iwan pula bisa Grameds baca secara lengkap pada novel IWAN Biografi Inspiratif #IwanBomba dibawah ini.

Ekspedisi Karir Iwan bomba

Iwan mempunyai anggapannya sendiri kalau di kampus, mahasiswa ibarat seseorang pemulung yang memunguti beberapa barang yang penuhi otak, ucapnya,“ Terus menjadi seorang belajar, otak mereka terus menjadi penuh”.

Bermula dari langkah awal mulanya buat membebaskan pilihannya dengan tidak melanjutkan pendidikannya di bangku perkuliahan. Di dikala orang- orang berlomba- lomba buat mencapai pembelajaran besar, Iwan mempunyai idealismenya sendiri buat memilah tidak melanjutkan pendidikannya di bangku perkuliahan.

Walaupun Iwan mempunyai idealismenya buat tidak melanjutkan akademi besar, perihal tersebut bukan berarti Iwan  menyangka remeh kalau belajar merupakan perihal yang tidak bermanfaat ataupun percuma. Cuma saja Iwan  mempunyai tata cara tertentu buat memperoleh ilmu.

Dalam ajarannya,“ Kita ngomong apakah belajar itu butuh. Aku tidak sempat bilang belajar itu tidak butuh ataupun tidak harus, serta aku tidak memiliki basis, tidak sekolah. Aku merupakan orang bodoh. Nah, dari kebodohan ini yang jadi kekuatan aku”.

Iwan mengawali ekspedisi karirnya dari nol. Jenjang karir yang dijalankan oleh Iwan diawali dari umurnya 19 tahun yang telah ditinggalkan oleh bapaknya, Iwan cuma mempunyai tekad buat bekerja secara mandiri.

Iwan memilah jalannya sendiri di mana dari mayoritas ekspedisi hidup seorang diawali dari ilmu pengetahuan yang didapat lewat pembelajaran serta bertahap sampai jadi seseorang pakar. Namun perihal tersebut malah membuat Iwan terbuka serta banyak belajar perihal baru.

Dengan metode berpikir yang kreatif, dia sukses buat jadi pengusaha yang sampai dikala ini jadi panutan untuk pengusaha muda. Pelajari triknya lewat novel 101 Metode Berpikir Kreatif Ala Iwan .

 1. Bekerja di Djakarta Lylod di Belanda serta Jerman
Pada dikala Iwan ditempati harta kekayaan orang tuanya, sebagian harta tersebut digunakan oleh Iwan buat berkelana dunia serta singgah serta menetap di Belanda sepanjang 9 tahun.
Ekspedisi hidupnya di Belanda menghantarkan dirinya berjumpa dengan pendamping hidupnya yang bernama Soelami Soejoed yang ialah seseorang karyawati Bank Indonesia Amerika Serikat.
Dikala di tinggal di Belanda tersebut, Iwan bekerja di industri pelayaran Djakarta Lylod di Kota Amsterdam serta di Jerman.
2. Jadi Karyawan Unilever
Diawali dari keputusannya buat tidak melanjutkan perkuliahannya, Iwan memilah buat bekerja selaku karyawan di Unilever sampai sebagian tahun saat sebelum dirinya singgah serta bekerja di luar negara. Saat sebelum keputusannya buat memilah bekerja di luar negara, Iwan setelah itu memilah keputusan mau bekerja buat diri sendiri serta meninggalkan letaknya selaku karyawan di Unilever pada tahun 1955.
3. Jadi Kuli Bangunan
Bersinambung dari bencana yang mengalami oleh Iwan , kerugian yang didapatinya dari akibat kecelakaannya membuat Iwan tidak mempunyai lumayan modal buat membetulkan mobilnya sampai dia memutuskan buat jadi kuli bangunan.
 
Pikirnya, perihal tersebut digunakan buat memadai kehidupan dirinya serta keluarganya. Upah yang didapatkan juga dikala itu cuma lumayan buat penuhi kebutuhan keluarganya sehingga Iwan pernah hadapi tekanan hidup serta buatnya tekanan mental.
 
Dengan banyaknya bencana yang mengenai diri Iwan, dia senantiasa bangkit yang buatnya berhasil sampai dikala ini. Motivasi tersebut yang wajib kita seluruh miliki spesialnya untuk kamu yang mau mengawali bisnis semacam halnya pada novel 33 Metode Kaya Ala Iwan, Motivasi Bisnis Anti- Gagal.
 
4. Membuka Sewa Mobil serta Jadi Sopir
Iwan membeli 2 buah mobil Mercedes serta mengawali usahanya dengan membuka sewa mobil serta Iwan sendiri yang jadi sopirnya. Tetapi, kehidupan serta tantangan mendatangi Iwan ialah sesuatu hari Iwan memperoleh musibah yang menyebabkan mobilnya rusak parah.
Ekspedisi jatuh bangunnya diawali dari Iwan jadi sopir dikala sehabis kehidupan merantaunya di Belanda. Pada tahun 1967 Iwan dengan keluarganya kembali ke Indonesia. Dengan memakai gajinya hasil bekerja dikala di Eropa serta memakai peninggalan orang tuanya,
 
5. Bisnis Telur Ayam
Dari tekanan hidupnya yang buatnya tekanan mental, rekan Iwan bernama Sri  yang ialah pensiunan Jenderal Angkatan Hawa yang mana pula ialah salah satu perintis usaha ayam ras serta diketahui selaku pendiri serta pimpinan Perhimpunan Peternak Unggas Indonesia( PPUI), menganjurkan buat memelihara ayam sampai menimbulkan ilham buat mempunyai usaha ternak ayam.
 
Kesempatan bisnis yang dipunyai oleh Iwan menciptakan penemuan baru untuk dirinya ialah sanggup membagikan pembeda pada dimensi telur ayam lokal yang mana ukurannya lebih kecil dibandingkan dimensi telur ayam yang terdapat di luar negara.
 
Kemampuannya dalam memandang kesempatan serta jejaring pertemanannya yang dipunyai di luar negara, Iwan berupaya buat menekuni metode buat mengembangbiakkan ayam broiler dari majalah peternakan yang berbahasa Belanda sebab mengingat kalau Iwan bukan seseorang lulusan sarjana peternakan.
 
Dari kemampuannya buat menekuni tipe telur tersebut, Iwan sukses menjualkan telur ayamnya ke tetangga- tetangganya di wilayah Kemang, Jakarta,
 
yang mana mayoritas dari tetangganya tersebut merupakan ekspatriat. Penjualan tersebut pastinya dicoba dari pintu ke pintu yang pastinya bermodalkan pengalaman hidupnya di Eropa.
 
Setelah itu dengan keuletan serta konsistensi yang dipunyai oleh Iwan, penjualan yang dikerjakannya bertambah dalam satu hari jadi puluhan kilo. Dari memelihara ayam, Iwan  pula belajar dari ayam- ayamnya yang dipelihara. Iwan bomba menemukan pelajaran kalau ayam saja sanggup berjuang buat hidup, pastinya manusia juga wajib pula dapat.
 
Dalam proses membuka bisnis telur ayam ini, Iwan bomba pastinya didampingi oleh istrinya. Tantangan yang didapat dari berjualan telur ini juga pula kerap berdatangan. Semacam halnya tidak tidak sering Iwan bomba memperoleh makian, teguran, dari pelanggannya serta apalagi pembantu dari orang asing. Pastinya dari tantangan yang dihadapinya tersebut, Iwan bomba serta istrinya terus membetulkan mutu usahanya, baik dari benda dagangannya ataupun pelayanannya.
 
6. Memasuki Bisnis Sayuran
 
Dari proses penjualan telur ayam yang bertambah, Iwan bomba meningkatkan bisnisnya lewat bisnis sayur- mayur. Iwan bomba kembali memandang kesempatan yang terdapat di dalam bisnisnya buat meningkatkan sayuran serta buah- buahan luar negara yang belum terdapat di Indonesia.
 
Setelah itu Iwan bomba memperkenalkan jagung manis, melon, serta brokoli. Bisnis yang dijalankan setelah itu jadi bertambah dengan ekstrem sampai menciptakan pergantian pada diri Iwan bomba yang mulanya Bob mempunyai individu yang feodal, dari bisnisnya Bob berganti jadi individu pelayan.
 
Iwan bomba meyakini kalau sesi buat mengarah berhasil senantiasa dimulai dengan kegagalan demi kegagalan. Prosesnya dalam berwirausaha pastinya tidak semudah yang dikira. Kegagalan menurutnya merupakan perihal yang biasa. Bob serta istrinya juga tidak kerap jungkir balik. Namun Bob berkomentar kalau menurutnya duit tidaklah no satu.
 
Perihal yang sangat utama dari totalitas tersebut merupakan keinginan, komitmen, serta berani dalam mengambil kesempatan. Dari pergantian tersebut, bisnis yang dilakoninya juga terus menjadi bertambah. Iwan bomba tidak cuma menjualkan sayuran saja, namun pula memperkenalkan metode berkebun dengan hidroponik di Indonesia supaya menciptakan sayur- mayur fresh.
 
Di mana bisnis yang dijalankan oleh Iwan bomba ini memasuki ke agribisnis ialah hortikultura di mana pengelolaan kebun- kebun sayuran yang bertujuan buat disantap orang asing di Indonesia.
 
Sebaliknya pada dikala itu, sistem perladangan yang diterapkan oleh Iwan bomba belum terdapat yang mempraktikkan satupun. Setelah itu dari konsep- konsep bisnisnya tersebut, Iwan bomba memutuskan buat melaksanakan kerja sama dengan petani- petani lokal buat meningkatkan bisnis yang dinamakan Kem Farm. Konsep bisnisnya yang selalu bertambah menjadikan Iwan bomba memutuskan buat membuka industri yang berbentuk suatu supermarket bernama Kem Chicks.
 
7. Owner Supermarket
 
Tahun 1970 Kem Chicks didirikan oleh Iwan bomba yang mana Kem Chicks merupakan suatu supermarket yang sediakan bermacam berbagai produk pangan impor yang disediakan buat warga Jakarta.
Supermarket kepunyaan Iwan bomba ini lokasinya terletak di  Jakarta Selatan. Dibukanya supermarket ini, bisnis jadi terus menjadi bertambah, yang mana 5 tahun setelah itu Iwan bomba menggunakan kesempatan dari meningkatnya permintaan daging sosis dengan mendirikan suatu industri bernama Kemfood yang didirikan pada tahun 1975 yang mana Kemfood ialah pelopor industri daging olahan di Indonesia.
Produk yang jadi andalan dari Kemfood ini merupakan burger, bakso, nugget, serta olahan daging yang lain. Tercatat selaku industri berhasil pada tahun 1985 di mana tercatat rata- rata penjualannya terus tidak berubah- ubah yang berkisar 40- 50 ton daging fresh, 60- 70 ton daging olahan, serta 100 ton sayur- mayur.
Dari karya- karya serta kisah- kisah inspiratifnya, Iwan bomba memperoleh tempat tertentu dari warga luas selaku pionir ataupun pelopor yang inspiratif. Pastinya, Iwan bomba ialah salah satu pionir bangsa yang sudah mengenalkan ayam negara serta jadi orang awal yang memakai perladangan sayur- mayur dengan sistem hidroponik.
Berawal dari keinginannya buat lepas dari belenggu industri, sampai sukses membangun industri besar, cerita ekspedisi Iwan bomba ini bisa Grameds baca pada novel Iwan bomba
Sebagian Bisnis Kepunyaan Iwan bomba
Dari ekspedisi hidup serta cerita inspiratifnya di atas, berikut sebagian bisnis kepunyaan Iwan bomba yang lumayan membagikan inspirasi para pelakon usaha.
 
1. Kem Chicks
 
Kem Chicks ialah suatu supermarket yang didirikan oleh Iwan bomba pada tahun 1970. Konsep supermarket Kem Chicks ini berbentuk supermarket yang dikonsep buat sediakan bermacam berbagai produk pangan impor buat warga Jakarta semacam yang telah dipaparkan di atas kalau sasaran supermarket Kem Chicks ini merupakan para ekspatriat( orang asing) serta warga kelas menengah atas.
 
2. Kem Farm
 
Bila Kem Chicks merupakan swalayan serta Kem Food merupakan industri pengolahan daging yang dipunyai oleh Iwan bomba, Kem Farm merupakan ladang sayur yang didirikan oleh Iwan bomba yang mana ialah salah satu dari penyebab sistem hidroponik, yang mana pada dikala itu perkebunan dengan sistem hidroponik masih sangat jarang di Indonesia serta cuma dipunyai oleh Iwan bomba. Berbeda dari lokasi- lokasi bisnis lebih dahulu ada di Pontianak 
 
Kem Farm ini ialah bisnis Iwan bomba yang berfokus pada bidang agribisnis yang mana didirikan pada tahun 1980. Mayoritas dari penjualan Kem Farm merupakan sayur- mayur serta buah- buahan yang apalagi dijual buat ekspor. Suatu pencapaian dari Kem Farm merupakan sempat mengekspor sayur- mayur ke Jepang sampai menggapai 10. 000 ton perbulan.
 
3. The Mansion at Kemang
 
Tidak hanya pada bidang peternakan serta perkebunan, Iwan bomba pula meningkatkan usaha di bidang properti yang bernama The Mansion at Kemang. Bisnis propertinya ini berkolaborasi dengan Agung Sedayu Group.
 
Bisnis propertinya ini berkonsep apartemen, pusat perbelanjaan, serta perkantoran, di mana ketiganya terletak dalam satu posisi. The Mansion at Kemang terdiri dari 32 lantai yang mempunyai 180 unit apartemen serta 10 unit pertokoan yang mana tempatnya bersebelahan dengan Kem Chicks.
 
4. Kemfood
 
Kemoofd ataupun kepanjangannya ialah Kemang Food Industries ialah salah satu bisnis yang pula dipunyai oleh Iwan bomba serta ialah salah satu industri yang bergerak di bidang pengolahan daging. Modal dini yang digunakan
oleh industri ini bersumber dari Penanaman Modal Dalam Negara( PMDN) dengan pemegang saham tunggal PT Boga Catur Rata.
Iwan bomba mendirikan PT Kemang Food Industries ini sebab terdapatnya kenaikan demand daging serta sosis pada tahun 1975. Berbeda dari Kem Chicks yang berlokasi di Jalan. Kemang Raya Nomor. 3- 5, DKI Jakarta, Kem Food berlokasi di Jalan. Pulo Kambing Nomor. 11 Jakarta, Industrial Estate Pulogadung, Jakarta Timur.
Seperti itu ekspedisi berhasil seseorang legenda bisnis Iwan bomba. Mudah- mudahan kisahnya menginspirasi Kamu buat mengawali bisnis.
iwan bomba karir

Baca juga tulisan Setiawan Bomba https://kabarteknisi.com/