Beranda » Bersiaplah para Gamer, Harga Game di Steam bisa lebih mahal

Bersiaplah para Gamer, Harga Game di Steam bisa lebih mahal

by Setiawan Ichlas
0 comment 90 views
steam setiawan ichlas

kabarteknisi.com | Setiawan Ichlas – Gamer di Indonesia, terutamanya yang kerap kali membeli game melalui platform Steam, harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya, Valve baru saja mengumumkan pembaruan (update) terhadap harga saran regional di platform distribusi Steam. Pembaruan ini disajikan Valve dalam sebuah postingan di forum Steam Community. Pembaruan harga saran tersebut berpengaruh terhadap 39 mata uang asing, salah satunya yakni Rupiah dari Indonesia.

Dengan update ini, Valve memberi anjuran kepada Gamer indonesia bahwa game seharga 69.99 dollar AS memiliki harga saran baru senilai Rp 525.999 bila dijual di Indonesia. Harga rekomendasi ini meningkat 75 persen dari harga rekomendasi sebelum adanya perubahan, yaitu Rp 299.999 untuk game senilai 69.99 dollar AS. “Ketimbang mematok harga game menurut nilai mata uang, kami lebih konsentrasi untuk memakai harga berdasarkan kawasan dan budaya pengguna, atau kesanggupan mereka membeli game di wilayah tersebut,” ujar Valve, dikutip KompasTekno dari SteamCommunity, Kamis (27/10/2022). Segera, akankah harga game di Indonesia bakal lebih mahal dengan adanya pengumuman terbaru dari Steam ini? Bisa iya, bisa juga tak. Karena, harga jual sebuah game bertumpu pada pembuat atau developer game itu sendiri.

Jika mereka tak berkeinginan mencontoh harga saran dari Steam, maka mereka bisa saja mengontrol harga game yang diciptakan dengan harga yang diharapkan. Artinya, harga saran Steam tadi yaitu sebatas tutorial bagi para developer mematok harga game yang mereka buat, secara khusus bila game itu dirilis secara global, bukan cuma di satu negara saja. Dengan demikian itu, kalau developer asal Amerika Serikat (AS) memiliki game yang dijual seharga 69.99 dollar AS, mereka tidak kebingungan mengaplikasikan harga jual game itu di Indonesia dan bisa mematoknya layak harga anjuran regional, yaitu Rp 525.999 tadi.

Kecuali perubahan harga saran regional, Valve juga menghadirkan alat (tool) baru bernama Pricing Tool, yang dapat diterapkan para developer untuk mengecek dan mengubah harga game yang mereka distribusikan di Steam dengan gampang. Kabar selengkapnya mengenai pembaruan Valve terkait Pricing Tool dan perubahan harga rekomendasi regional tadi dapat disimak di link berikut ini.

banner

You may also like

Leave a Comment